Friday, 19 April 2013

Tiga Desa Di Giriwoyo Untuk Penambangan Bahan Semen

Penambangan batu di kawasan pegunungan di wilayah Wonogiri | Foto Bagus
INFOWONOGIRI.CO.ID – GIRIWOYO – Di wilayah Kecamatan Giriwoyo saat ini telah disiapkan lahan seluas 840 hektare yang disiapkan sebagai lokasi penambangan batu gamping dan atau bahan baku semen. Sedangkan kawasan seluas 140 hektare di wilayah setempat akan diperuntukkan sebagai lokasi pembangunan pabrik semen.
Hal itu dikemukakan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wonogiri, Suharno melalui Kabid Prasarana dan Pengembangan Wilayah, Edi Joko Dwiyono (18/4) .



“Kawasan penambangan batu gamping mencakup tiga desa, yaitu Desa Giritirto, Tirtosuworo, dan Kelurahan Girikikis. Luasnya sekitar 840 hektare,” kata Edi saat menggelar uji publik Rencana Detail Tata Ruang Kecamatan (RDTRK) Giriwoyo di gedung Setda Wonogiri.

Kawasan yang diperuntukkan sebagai pabrik semen terletak di Kelurahan Giriwoyo seluas 140 hektare. Kawasan tersebut mempunyai daya dorong pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Sebab, lokasinya berada di sepanjang jalan Negara, jalur Lingkar Selatan Selatan (JLS) di antara Giriwoyo-Giritontro.
RDTRK tersebut juga memunculkan rancangan akses-akses jalan. Di antaranya jalur-jalur transportasi pengangkutan batu gamping atau bahan baku semen serta jalur transportasi pengangkutan produk semen. “Ada juga rancangan jalur transportasi dari pabrik semen ke calon Pelabuhan di Pantai  Paranggupito. Tetapi, jalur transportasi ke pelabuhan itu ada studi tersendiri yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum,” katnya.Nantinya RDTRK akan dijadikan sebagai Perda RDTRK. Namun, prosesnya harus melalui tahap konsultasi dengan Pemprov Jateng dan pemerintah pusat, baru dibahas oleh DPRD Wonogiri. RDTRK akan disusun untuk seluruh kecamatan secara bertahap. Saat ini diprioritaskan penyusunan RDTRK untuk Kecamatan Wonogiri kota, Selogiri, dan Giriwoyo.


Selogiri dan Wonogiri diprioritaskan karena pesatnya perkembangan perkotaan. Sedangkan Giriwoyo jadi prioritas karena ada program besar terkait pembangunan pabrik semen.[Bagus]

Sumber: infowonogiri

No comments:

Post a Comment