Monday, 8 April 2013

Empat Desa di Selogiri Terendam Banjir

Banjir di Lingkungan Nanggan Desa Gemantar, Selogiri Minggu (7/4) siang

INFOWONOGIRI.CO.ID – SELOGIRI – Empat Desa di wilayah Kecamatan Selogiri terendam banjir sejak Sabtu (6/4) malam hingga Minggu sore (7/4). Yaitu wilayah Desa Gemantar, Desa Jaten, Desa Jendi, dan Desa Pule Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Banjir disebabkan sungai Nanggan meluap menyusul hujan lebat, Sabtu sore hingga malam hari, dan Minggu sore. Penyebab lain diperkirakan karena volume air Waduk Tandon Selogiri telah penuh, sehingga kelebihan air mengalir ke saluran air di bawahnya.



Akibat banjir tersebut, ratusan rumah tergenang air. Ketinggian air yang masuk ke rumah mencapai rata rata 60 cm, bahkan ada yang mencapai 1 meter. Sebagian warga memilih mengungsi ke rumah tetangga yang lebih aman.

Selain itu sekira 30 hektar tanaman padi siap panen yang tergenang banjir, juga terdapat 25.000 benih ikan nila, gurami dan lele hanyut terbawa air. Kerugian diperkirakan mencapai Rp.150 juta lebih. Warga Dusun Nanggan, Sutar (56) mengemukakan banjir di Dusun Nanggan dialami warga RT 1, RT 2, RT 3, dan RT 4. Jumlah rumah yang terendam banjir mencapai 95 rumah.

“Banjir ini hampir setiap tahun terjadi. Tahun ini yang kedua kalinya. Pada awal Januari lalu, dan hari ini. Pada awal Januari lalu ada 42 rumah yang terendam. Sekarang tambah parah, ada hampir 100 rumah, yang terendam,” ujar Sutar, Minggu (7/4) kemarin. Dampak lain, banjir mengakibatkan kerusakan jalan.[Bagus]

Sumber: infowonogiri

No comments:

Post a Comment