Friday, 31 May 2013

UNPK PAKET C : 347 Peserta di Wonogiri Tak Lulus

WONOGIRI--Sebanyak 347 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C di Wonogiri dipastikan tidak lulus. Rinciannya, sebanyak 115 peserta tidak lulus karena tidak hadir dan sebanyak 232 peserta tidak lulus karena tidak mampu menjawab soal ujian.

“Hasil ujian kejar paket C ini baru kami ambil dua hari lalu. Hasilnya, yang tidak lulus ujian sebanyak 232 orang. Mereka memang tidak mampu mengerjakan soal ujian, sebab tingkat kesulitannya sama dengan UN [ujian nasional] tingkat SMA/SMK,” kata Kasi Kesetaraan Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri Endang Sunarni yang didampingi salah satu stafnya Joko Suranto, kepada wartawan, Kamis (30/5/2013).

Ia menyatakan jumlah peserta Kejar Paket C di Kabupaten Wonogiri sebanyak 864 peserta yang tersebar di 20 kelompok belajar.

“Dari 864 peserta di seluruh Kabupaten Wonogiri, yang hadir saat ujian hanya 749 peserta. Sedangkan yang lulus 100% hanya ada dua kelompok,” ujar Joko.

Dua kelompok tersebut yakni Kelompok Belajar Karya Wiyata Bakti di Kecamatan Sidoharjo dengan 14 orang dan Kelompok Belajar Wargantoro di Kecamatan Pracimantoro sebanyak 33 orang.

Terkait peserta ujian yang tidak lulus, Joko menyatakan mereka masih memiliki kesempatan untuk mengikuti ujian tahap kedua pada Juli 2013. Ujian tahap kedua itu, lanjut dia, juga menjadi kesempatan bagi siswa SMA/SMK reguler yang tidak lulus UN untuk mendapat ijazah.

Di sisi lain, terkait dengan ketidakhadiran di ruang ujian, Joko mengatakan mayoritas peserta tidak bisa meninggalkan pekerjaannya yang berada di perantauan.

Sumber: solopos

No comments:

Post a Comment