Wednesday 8 May 2013

2013, Pemkab Wonogiri Anggarkan Bidang Infrastruktur Rp76,5 Miliar


WONOGIRI – Pemkab Wonogiri menganggarkan perbaikan dan pembangunan di bidang infrastruktur senilai Rp76,5 miliar dalam APBD 2013. Nilai tersebut hampir dua kali lipat dibanding 2012 yang mencapai Rp49, 2 miliar. Hal itu diungkapkan Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto, saat jumpa wartawan terkait peringatan Hari Jadi ke-272 Wonogiri di Pendapa Rumah Dinasnya, Senin (6/5/2013). “Tahun lalu, kami menganggarkan Rp49,2 miliar untuk sarana infrastruktur. Di antaranya pembangunan jembatan, jalan, sarana air bersih, sanitasi, perbaikan lampu penerangan jalan umum dan bangunan taman. Sedangkan tahun ini, kami tingkatkan menjadi Rp76,5 miliar,” katanya.



Ia berharap peningkatan anggaran tersebut mampu meningkatkan sarana untuk mendukung peningkatkan ekonomi masyarakat. Hal itu, lanjut dia, merupakan salah satu prioritas kebutuhan dasar selain kesehatan, pendidikan, pangan, kebebasan beragama dan berdemokrasi.

Selain itu, Danar juga menyatakan dari hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Jakarta, pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) akan dilanjutkan pada 2013 ini. “Rencananya, pemerintah pusat akan memberi dana sekitar Rp180 miliar untuk kelanjutan pembangunan JLS sepanjang 12 kilometer,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga menyatakan prioritas lain di bidang ekonomi yakni peningkatan investasi secara bertahap dari tahun ke tahun. Menurutnya, selama dua tahun ini, nilai investasi di Kabupaten Wonogiri naik hampir tiga kali lipat. Dari data yang tercatat di Kantor Penanaman Modal Wonogiri, nilai investasi pada 2011 yakni Rp211 miliar, sedangkan pada 2012 naik menjadi Rp625 miliar.

Hal itu didukung dengan berdirinya beberapa perusahaan yakni Nagabuana Aneka Piranti yang bergerak di bidang playwood dan perusahaan pengolahan industri dengan bahan baku singkong yakni Aneka Agro Andalas. Selain itu, juga ada perusahaan industri pakaian yakni PT Liebra Permana yang ditarget mampu menyerap sekitar 8.000 tenaga kerja pada 2015.

Pemkab juga tengah membahas pengembangan Wonogiri selatan berupa pembangunan pabrik semen di wilayah Kecamatan Giriwoyo. Ada juga rencana pembangunan pelabuhan untuk bongkar muat barang di pantai selatan yang ada di Kabupaten Wonogiri.

Sumber: solopos

No comments:

Post a Comment