Monday 1 July 2013

Pesona Gua Gilap Dikotori Sampah Alat Kontrasepsi

INFOWONOGIRI.CO.ID – PRACIMANTORO – Pesona alam Gua Song Gilap memang sedang menjadi topik pembicaraan pakar sejarah di Indonesia, bahkan mungkin oleh para peneliti arkeolog berbagai menyusul penemuan benda benda bersejarah di dalam gua tempat hunian manusia purba. Adapun penemuan tersebut hingga saat ini masih dalam penelitian para arkeolog dari UGM (Universitas Gajah Mada) Jogjakarta. 

Melihat keadaan Gua Song Gilap yang mempunyai arti sejarah penting sebagai sumber pendidikan, Gunar Setyawan (40) Staf Kesejarahan dan Nilai Tradisional Bidang Kebudayaan Disbudparpora Wonogiri, tergerak untuk membuat papan apresiasi berupa tulisan dengan biaya sendiri. Hal ini disebabkan karena tingkah laku para penggunjung dapat merusak keindahan dan nilai sejarah Gua Song Gilap. Bahkan Gunar pernah memergoki pasangan muda mudi yang sedang berbuat tidak senonoh dan dia sering mumbuang sampah seperti bekas alat kontrasepsi, kondom. Gua Song Gilap ini letaknya sanggat jauh berbeda dengan gua gua yang dekat dengan museum Karst sehingga gua ini tidak ada pengawasnya. 

Dengan adanya ekavasi yang di lakukan beberapa waktu lalu, dan terbukti adanya benda benda bersejarah. Gunar berharap situs Gua Song Gilap dapat ditetapkan menjadi benda cagar budaya yang tidak bergerak, dan laboraturium lapangan/situs binaan jurusan arkeologi FIB (Fakultas Ilmu Budaya) UGM di bawah perlindungan Kemendikbud RI Dirjen Kebudayaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jateng.(Rama) 

Sumber: infowonogiri

No comments:

Post a Comment